Mengapa pigmentasi tidak membaik setelah perawatan laser?

Mengapa pigmentasi tidak membaik setelah perawatan laser?

“Dokter, mengapa pigmentasi kulit saya tidak membaik setelah melakukan perawatan laser? Apakah laser memang berfungsi?”

Selama bertahun-tahun berpraktik di bidang kulit dan estetika, banyak sekali pasien yang bertanya seperti itu kepada saya.

Jawabannya mudah saja; ada 4 faktor yang menentukan keberhasilan perawatan laser. Kalau salah satu dari yang berikut ini tidak berjalan dengan baik, Anda TIDAK akan melihat hasilnya.

1. Kepatuhan pada Perawatan Sebelum dan Sesudahnya

Ini faktor yang ‘paling mudah’, sebab Andalah yang memegang kendalinya. Untuk mendapatkan hasil terbaik dengan laser, Anda WAJIB mengikuti perintah dokter. Pastikan Anda menggunakan produk perawatan kulit seperti krim pencerah kulit, tabir surya (ini yang utama!), dan melakukan tindakan perlindungan terhadap sinar matahari, sebelum dan sesudah perawatan.

Alasan utama tidak membaiknya pigmentasi, atau justru memburuk (tampak lebih gelap dan bukan menjadi lebih cerah) adalah karena tidak patuh. Dengarkan dengan seksama saran dokter sebelum dan setelah perawatan, dan patuhi panduan pemeliharaan.

Lihatlah apa yang terjadi di bawah ini ketika Anda menyepelekan kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari:

Saran Utama #1: Jika Anda tidak dapat menghindari sinar matahari, pastikan Anda mengoleskan tabir surya setidaknya 1-2 kali setiap hari.

2. Diagnosis yang Tepat

Diagnosis merupakan keahlian dasar dokter perawatan kulit tetapi jangan menyepelekannya. Tipe pigmentasi yang berbeda memerlukan jenis perawatan yang berbeda pula.

“Tetapi dokter perawatan kulit yang andal seharusnya dapat mengenali kondisi saya dengan mudah, kan?”

Tidak selalu. Terkadang orang bisa memiliki beberapa macam pigmentasi yang berbeda di wajahnya, sehingga dokter sering mengalami kesulitan untuk mendiagnosisnya. Pengalaman klinis dokter (dibandingkan dengan hanya mempelajari teorinya dari buku) dalam menangani pigmentasi sangat penting untuk memberikan diagnosis yang tepat, oleh karena itu dokter menyarankan metode laser yang paling efektif.

Berikut ini beberapa contoh pasien saya yang mengalami beberapa pigmentasi sekaligus:

Diagnosis yang tepat itu SANGAT penting karena dokter akan dapat menjelaskan jenis perawatan yang spesifik, berapa sesi yang dibutuhkan, besarnya biayanya, dan seperti apa hasil yang diharapkan.

Saran Utama #2: Risetlah dokter Anda dan pastikan dia sangat berpengalaman menangani pigmentasi.

3. Keahlian Klinis dengan Laser Pigmentasi

Ini alasan utama pasien mengeluhkan hasil yang buruk. Sebagian besar perawatan laser (misalnya laser Q-switched Nd Yag) seperti kejutan listrik terus-menerus yang teratur. Tidak semudah itu karena dokter harus memutuskan setelan perawatan mana yang akan digunakan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Seorang pasien saya yang mengalami Hori’s naevus mengeluh bahwa dokternya yang terdahulu hampir tidak memberikan hasil tetapi memuji bahwa hampir tidak ada jeda. Saya langsung tahu bahwa dokter itu menyetel lasernya TERLALU RENDAH. Mengapa? Karena laser Q-Switched pada Hori’s naevus perlu membuat kemerahan dan bengkak paling tidak selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kalau kekuatannya terlalu rendah, tentu saja tidak ada jeda juga!

Sebaliknya, kalau laser disetel TERLALU KUAT, bisa menyebabkan komplikasi seperti post-inflammatory hyperpigmentation (daerah lebih gelap) dan hipopigmentasi konfeti (daerah lebih putih).

Ini bisa memerlukan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk memulihkannya.

PIH (Spot yang lebih lebih gelap) di sebelah kiri dan Hipopigmentasi (Spot yang lebih putih) di sebelah kanan

Pertanyaannya, bagaimana caranya mengetahui bahwa dokter dapat memberi hasil memuaskan SEBELUM mendaftar untuk perawatan?

Saran Utama #3: Mintalah dokter menunjukkan album foto pasien-pasiennya yang terdahulu sebelum/sesudah perawatan. Pastikan fotonya cukup banyak dan tidak hanya beberapa buah saja.

4. Teknologi Laser

Saya mengkhawatirkan pasien yang bertanya “Apakah klinik dokter memiliki laser XYZ?”

Bukan karena saya tidak memilikinya, tetapi karena mereka menganggap bahwa sekadar memiliki laser high-tech XYZ yang baru saja dapat memberikan hasil yang memukau.

Kenyataannya tidak demikian, dan hanya berimbas pada harga yang lebih mahal bagi pasien. Misalnya, saya menggunakan Q-Switched Nd Yag Laser vs. Pico Laser yang baru.  Laser Q-Switched sangat terjangkau, tetapi dengan dokter yang terampil mampu memberikan hasil yang sama atau lebih baik.

Di fakultas kedokteran, dosen selalu mengingatkan kami untuk fokus pada keahlian klinis dan pengalaman sambil menggunakan teknologi yang sesuai untuk memberikan hasil terbaik. Saya sepenuhnya sependapat, jadi saya selalu membarui laser saya tetapi saya tidak suka mengiklankan bahwa saya punya mesin-mesin baru.

laser skin pigmentation procedure

Saran Utama #4: Teknologi laser yang paling mutakhir pun TIDAK menjamin hasil terbaik. Jangan sembarangan membayar untuk sesuatu yang sia-sia.

Bagaimana caranya saya mengetahui dokter saya bisa memberikan hasil terkait pigmentasi?

Dari pengalaman pribadi, kesaksian dari mulut ke mulut selalu yang terbaik. Ulasan online juga dapat memberikan gambaran yang baik tentang apa yang diharapkan dari seorang dokter. Tetapi, pengalaman pribadi dapat menciptakan perbedaan yang sangat besar. Sahabat Anda mungkin mendapatkan hasil yang menakjubkan, tetapi 10 orang yang lain mungkin saja kecewa pada dokter yang sama.

Karena itu, yang paling penting Anda harus meminta dokter memperlihatkan album foto pasiennya sebelum/sesudah perawatan.  (“Dokter” TIDAK diizinkan memperlihatkan ini secara online, dan jika melanggar mereka akan segera mendapat surat peringatan dari Kementerian Kesehatan!)

Singapura memiliki banyak dokter yang mampu menangani pigmentasi, tetapi pastikan Anda melakukan riset tuntas sebelum menjalani perawatan laser.

Jangan tunda lagi untuk menghubungi saya
melalui  WhatsApp atau  WeChat di:
+65 9822 2989.

Anda juga dapat mengirimkan email kepada saya ke:
askdrdavid@onefaceclinic.com

Salam sehat!
Dr David Ng C H

Mengapa pigmentasi tidak membaik setelah perawatan laser?
5 (100%) 7 votes