Meluruskan Mitos – Laser mengatasi semua pigmentasi

Meluruskan Mitos – Laser mengatasi semua pigmentasi


Sebagai dokter, saya merasa khawatir atas permintaan pasien untuk melakukan perawatan laser untuk mengatasi masalah pigmentasi. Banyak yang meminta perawatan laser pada konsultasi mereka yang PERTAMA.

Mengapa? Pada umumnya pasien yakin bahwa perawatan laser dapat mengatasi pigmentasi dalam sekejap. Akan tetapi, tentu saja itu tidak benar.

Laser TIDAK selalu menjadi pilihan terbaik

Satu-satunya alasan mengapa laser SELALU disodorkan ke pasien adalah karena laser menguntungkan.

“Mengapa laser menguntungkan bagi klinik?”

Laser cenderung lebih mahal daripada perawatan bentuk lain. Dengan mencari informasi di Google atau menelpon beberapa tempat, Anda akan tahu bahwa biayanya sekitar $600 hingga $1000.

Link ini menunjukkan berapa tepatnya biaya laser di Singapura.

Staf penjualan yang ambisius mungkin akan mengatakan “laser paling tidak memerlukan 3-5 sesi supaya hasilnya kelihatan”. Itu dapat dengan mudahnya melambungkan biaya perawatan hingga ribuan dolar.

Memang benar bahwa pigmentasi tertentu hanya memerlukan 3 sesi saja dan hasilnya sudah kelihatan, sedangkan yang lain bisa memerlukan 10 sesi atau bahkan lebih. Akan tetapi yang umumnya TIDAK DIKETAHUI pasien adalah bahwa mungkin mereka tidak memerlukan laser sama sekali!

Laser juga memberikan keuntungan yang lebih besar untuk klinik. Tidak seperti perawatan topikal, laser tidak membutuhkan biaya untuk barang sekali pakai (misalnya jarum suntik, biaya produksi untuk krim dan lotion, dsb.). Satu-satunya biaya yang ditanggung klinik hanyalah mesin, yang artinya biaya permanen.

Biaya antara klinik yang satu dengan lainnya bisa jauh berbeda, tergantung keterampilan dokternya (bandingkan perbedaan biaya yang bagai bumi dan langit antara pergi ke dokter HDB untuk radang tenggorokan VS pergi ke dokter spesialis THT di Mount Elizabeth Hospital).

“Jadi, apakah laser memang berfungsi?”
------------------------------------------------------

Ya, laser memang berfungsi. Bahkan PADA UMUMNYA, laser sangat baik untuk mengatasi berbagai macam masalah pigmentasi. Contohnya, Laser Q-Switched NdYag sangat baik untuk menangani pigmentasi yang membandel seperti Hori’s Naevus dan Solar Lentigo, dsb.

Lasers Pigmentation
Jangan salah: laser DAPAT super efektif. Saya sendiri banyak menggunakannya.

Akan tetapi, laser TIDAK SELALU merupakan metode terbaik. Dalam artikel saya yang sebelumnya(klik di sini), saya menyebutkan bermacam-macam masalah pigmentasi seperti melasma dan freckle.

Setiap pigmentasi memerlukan jenis perawatannya sendiri yang mungkin melibatkan atau tidak melibatkan laser.

Berat-ringannya kondisi Anda juga lah yang menentukan apakah Anda membutuhkan laser atau tidak.

Berikut ini adalah kasus yang baru saja saya tangani yang tidak membutuhkan laser.

Studi Kasus #1: Melasma

Ya, laser memang berfungsi. Bahkan PADA UMUMNYA, laser sangat baik untuk mengatasi berbagai macam masalah pigmentasi. Contohnya, Laser Q-Switched NdYag sangat baik untuk menangani pigmentasi yang membandel seperti Hori’s Naevus dan Solar Lentigo, dsb.

Nona TA datang kepada saya dengan pigmentasi tidak merata yang parah yang telah bertahun-tahun dideritanya. Pengalaman saya dalam menangani Melasma membantu saya mendiagnosis kondisinya dengan cepat.

Melasma adalah masalah pigmentasi yang diakibatkan oleh faktor hormonal dan pemaparan terhadap sinar matahari. Sering sekali, laser disarankan untuk kondisi seperti itu. Tetapi dalam kasus ini, saya yakin sekali dengan kombinasi krim pemutih, tabir surya, dan perlindungan terhadap matahari yang memadai akan lebih efektif.

Sun screen creams
Hanya untuk ilustrasi. Jangan meremehkan produk-produk ini!

Jangan meremehkan produk-produk ini! Hanya untuk gambaran!

Tiga minggu kemudian, dia kembali dengan sangat senang sekali. Ketika saya menunjukkan foto-foto sebelum/sesudah perawatannya, dia takjub bahwa strategi perawatan tropikal dan perlindungan matahari berhasil memperbaiki kondisinya hingga 70%. (Kementerian Kesehatan tidak mengizinkan saya memperlihatkan foto-foto sebelum/sesudah perawatan itu di sini, tetapi pembaca yang tertarik dapat menghubungi saya untuk mengetahui lebih banyak)

Produk-produk ini biayanya KURANG DARI SETENGAH yang harus dibayarnya untuk 3 sesi laser.

Studi Kasus #2: Solar Lentigo dan Warna Kulit Tidak Merata

Perhatikan warna kulit Mdm ZY yang tidak merata dan bercak pigmentasi yang menghitam (solar lentigo) Dia menghabiskan $10.000 untuk paket perawatan wajah di suatu tempat sebelum datang menemui saya.

Sebelumnya, saya mengatakan bahwa laser Q-switched Nd Yag sangat baik untuk mengatasi solar lentigo. Akan tetapi dalam kasus Mdm ZY, secara pribadi saya memutuskan bahwa kombinasi tindakan dengan krim pemutih dasar, regimen tabir surya, dan perlindungan terhadap sinar matahari sudah cukup untuknya.

Kedua keadaan yang dideritanya tersebut membaik secara signifikan.

“Manakah metode perawatan yang harus diambil pasien?”
-------------------------------------------------------

Kedua studi kasus ini merupakan contoh bagaimana perawatan non-laser dapat SANGAT efektif tergantung situasinya.

  • Carilah dokter yang Anda PERCAYAI dan jelajahi semua opsi perawatan sebelum meminta laser.
  • Cari tahu pendapat dokter dalam merawat kondisi pigmentasi Anda, dan jangan buru-buru menanyakan jenis laser yang saat ini digunakannya
  • Selalu meminta foto – foto pasien sebelum/sesudah perawatan yang banyak,  yang kondisinya serupa dengan Anda
  • Tanyakan pendapat 2-3 dokter yang berbeda dan pertimbangkan jika mereka merasa yakin dengan perawatan tropikal.

Jangan tunda lagi untuk menghubungi saya
melalui  WhatsApp atau  WeChat di:
+65 9822 2989.

Anda juga dapat mengirimkan email kepada saya ke:
askdrdavid@onefaceclinic.com

Salam sehat!
Dr David Ng C H